Satellite


satelite

Pengertian umum mengenai satelit yaitu sebuah repeater yang diletakkan di angkasa dengan ketinggian tertentu sehingga bisa mencakup suatu wilayah tertentu, yang pemanfaatannya bisa bermacam-macam. Bisa digunakan sebagai komunikasi, untuk gps, prakiraan cuaca, memetakan geografis bumi, untuk militer (mata-mata) dll. kayaknya banyak lagi deh yang ga kesebut. Tapi kegunaan yang paling utama yaitu sebagai media komunikasi umumnya di pakai untuk menghubungkan daerah-daerah yang tidak terjangkau lewat darat atau mungkin juga di pedalam hutan dan kepulauan...cocok banget ya di Indonesia, selain kepulauan hutannya juga masih banyak, walaupun sedikit demi sedikit dah berkurang karena ilegal logging :(

Jenis-jenis satelite berdasarkan orbit-nya ( orbit adalah tempat edar satelite diatas permukaan bumi :

Low Earth Orbit satelite : satelite orbit rendah, jaraknya sekitar sekitar 161 hingga 483 km dari permukaan bumi, oleh karena jaraknya yang rendah satelite ini harus bergerak (berotasi) dengan sangat cepat agar tetap berada di orbitnya, kecepatan rotasinya terhadap bumi sekitar 1 jam untuk sekali mengitari bumi

Medium Earth Orbit satelite : satelite orbit menegah, jaraknya kira2 20.000 KM dpl. memiliki kecepatan sekirat 4 jam untuk sekali mengitari bumi, biasanya satelite jenis ini menggunakan 3 atau lebih satelite untuk mem-backup komunikasi agar tidak terputus, yah putus2 dikit dah :) ..kayaknya GPS make satelite jenis ini nih.

Geostasioner Earth Orbit satelite : satelite yang berada dititik geostasioner yaitu titik dengan ketinggian 36.000 KM dpl, dimana titik ini merupakan titik diam / tetap (statsioner) jadi apabila ada benda di letakan di titik ini maka akan terlihat diam jika dilihat dari bumi karena pergerakannya searah dengan rotasi bumi dan kecepatannya juga sama..dengan kata lain seakan-akan benda tersebut terus mengikuti bumi. titik ini lah yang dimanfaatkan sebagai tempat (orbit) satelite yang banyak dimanfaatkan untuk komunikasi commercial karena komunikasi dapat berlangsung 24 jam tanpa "putus nyambung" :)

Negara kita memiliki beberapa satelite untuk komunikasi ini antara lain : B4, Telkom1, Telkom2, Palapa C2 semua dimanfaatkan untuk sarana telekomunikasi baik pemerintahan maupun commercial, hmmm berapa sewa-nya ya :) kayaknya mahal deh...
Satelite itu memiliki kavling-kavling transponder yang di ibaratkan ruangan-ruangan kelas di suatu sekolah, gunanya untuk tempat transmisi, umunya ada 24 transponder didalam satelite yang terbagi menjadi 12 transponder vertikal dan 12 transponder horizontal, setiap transponder memiliki bandwidth 40Mhz jadi denga bandwidth sapacing 4 Mhz jadi total yang bisa digunakan per transponder yaitu 36 Mhz..transponder2 ini akan menerima signal up-link (misal di freq range C-Band) bekisar antara 6 Ghz dan akan di conversi menjadi signal down-link 4 Ghz-an untuk kemudian dikuatkan dan di kembalikan lagi ke bumi...seinget gw sih begitu doang deh inti dari proses yang ada di Satelite secara garis besar :)

About these ads

~ by jai on 03/12/2009.

2 Responses to “Satellite”

  1. mas knapa uplink satelit harus 6 GHz dan downlink 4 GHz y?

  2. uplink 6 GHz karena band frequensi yang digunakan untuk satelit comersil umumnya menggunakan range C-Band (3.7 s/d 6.4 GHz)
    dan digunakan freq 5.9 untuk range awal uplink frequensi..downlinknya didapat dari nilai downconvertion dengan LO 2225 MHz.
    info range frequensi silahkan anda cari refferensi sendiri karena sudah banyak juga ditulis di internet.
    penggunaan range C-Band untuk komunikasi satelit dimaksudkan agar sinyal yg dibawa oleh freq tersebut dapat mencapai jarak yang jauh (zone stasioner) dimana satelit diletakan
    selain C-Band ada jg penggunaan range Frequensi Ku-Band untuk komunikasi satelite misal pada satelite palapa C2 memiliki 24 transponder C-Band dan 4 Transponder Ku-Band
    namun untuk Ku-Band masih banyak kekurangannya untuk digunakan daerah yg curah hujannya tinggi karena range frequensi ini (sekitar 12 GHz) rentan terhadap gangguan cuaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.